16.55
5
Emblem lima bintang menyala emas patut dilayangkan pada Bank BNI atas segudang prestasi gemilang yang telah berhasil ditorehkan sepanjang 69 tahun kiprahnya. Jika hendak berbicara tentang kualitas dalam segala hal yang berkaitan dengan perbankan dan pelayanan nasabah, maka tidak ada alasan untuk tidak menyematkan Bank BNI pada chart nomor wahid. Dunia telah mengakuinya. Sebagai warga negara Indonesia, Anda bisa tersenyum lebar membaca artikel ini. Senyum diwajah Anda wajar terukir mengingat kesempatan menikmati layanan perbankan kelas dunia kini tidak lagi hanya sebatas mimpi dan angan-angan. Adapun garis besar yang akan dibahas pada artikel ini adalah seputar PT. Bank Negara Indonesia sebagai bank publik pelat merah milik Indonesia yang merupakan refleksi keramahan bangsa dengan segudang prestasi tingkat dunia.

Sebagai bank komersial yang paling senior sepanjang sejarah Indonesia, eksistensi, konsistensi, serta dedikasi Bank BNI dalam upayanya melayani publik patut diacungi jempol. Betapa tidak, diusianya yang kini menginjak 69 tahun, telah banyak prestasi kelas dunia yang berhasil ditorehkan. Adapun prestasi-prestasi tersebut tentunya dapat dijadikan sandaran dan landasan logis yang kuat untuk kita semua dalam upaya keluar dari keraguan menemukan satu yang terbaik. Pada akhir artikel, Anda akan menyadarinya.


Prestasi Tingkat Dunia

Sepanjang tahun 2014, tak kurang dari belasan penghargaan yang berhasil disabet oleh  PT. Bank Negara Indonesia Tbk. Poin yang membanggakan adalah, beberapa diantaranya merupakan penghargaan internasional. Menengok visi dan misi yang diusung, rasanya sangat wajar penghargaan-penghargaan tersebut dilayangkan pada PT. Bank Negara Indonesia Tbk. Prestasi tigkat dunia yang baru-baru ini disabet oleh bank terbaik Indonesia ini adalah "Best Analys Contact Center serta Best Contact Center Support". Dalam even yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat tersebut, Bank BNI berhak berdiri pada podium tertinggi setelah mengalahkan ratusan kompetitor yang berasal dari benua Asia, Eropa, dan Amerika. Bagaimana? Masihkah tersisa sedikitpun keraguan? Lebih lanjut dan detail, masih pada even yang sama, PT. Bank Negara Indonesia Tbk bahkan mendominasi persaingan yang dibuktikan dengan diboyongnya dua medali emas pada kategori 'Best Analys Contact Center' dan 'Best Contact Center Support', satu perak pada kategori 'Best Customer Service in Mid-Size Inhouse', dan satu perunggu pada kategory 'Best Help Desk' ke tanah air atas dedikasinya yang tinggi terhadap pelanggan melalui BNI Call 500046. Saya ingin menyatakan bahwa dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu itu adalah milik rakyat Indonesia; bukan hanya milik PT. Bank Negara Indonesia semata.

Sebelumnya, tiga pengakuan dunia masing-masing 'The Best Local Cash Management Bank in Indonesia', 'The Best Overall Domestic Cash Management Service' dan 'The Best Overall Cross Border Management Service' juga dinisbatkan pada PT. Bank Negara Indonesia Tbk oleh majalah 'Asia Money' di Hong Kong pada September 2014.

Diajang 'Contact Center World' 4 bulan sebelumnya di Singapura, tepatnya pada Juni 2014, 7 dari 8 penghargaan kelas dunia dimana 4 diantaranya adalah medali emas jatuh pada PT. Bank Negara Indonesia Tbk. Ini yang Daeng Situju maksud dengan 'mendominasi'.

Satu bulan sebelumnya, pada Mei 2014, giliran Kuala Lumpur yang menjadi saksi atas kegemilangan PT. Bank Negara Indonesia Tbk. 'The Best Trade Finance Bank' dan 'The Leading Counterparty Bank' dari "The Asian Banker Transaction Banking Awards" year 2013 & 2014 tersemat indah pada buku catatan prestasi bank terbaik milik Indonesia ini.

Mundur lagi satu bulan sebelumnya, pada April 2014, dalam lawatannya pada even 'Asia-pacific Country Transaction Bank Awards' di Singapura, "The Corporate Treasurer 2013" menunjuk PT. Bank Negara Indonesia Tbk untuk naik podium pada kategori 'Best Cash Management Bank for Indonesia'.

Tarik nafas panjang, hembuskan perlahan. Tetap jaga simetrisitas senyum Anda. Masih ada dua penghargaan tingkat dunia lagi ditahun 2014. Dibulan kasih sayang, pada Februari 2014, majalah "Asiamoney" mengalamatkan kado valentine untuk PT. Bank Negara Indonesia Tbk. Kado valentine yang tidak tanggung-tanggung, masing-masing: 'Indonesia Best Overall Corporate Governance', 'Indonesia Best for Disclosure and Transparency', 'Indonesia Best for Investor Relation', 'Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment', dan 'Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and  The Board of Director'

Diawal tahun 2014, ada kado tahun baru dari "Alpha Southeast Asia Magazine' untuk PT. Bank Negara Indonesia Tbk. 'The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia' lima tahun berturut-turut dan 'The Best Cash Management Solution of the Year in Southeast Asia' tiga tahun berturut-turut. Wow...

Pembuktian sepanjang tahun 2014 diatas dirasa sudah sangat cukup mengerucutkan kesimpulan atas siapa yang terbaik. Pastikan Anda tidak mengantuk dan bosan membaca artikel yang terdiri dari ribuan kata ini. Ribuan kata pada artikel ini bahkan telah merupakan kesimpulan. Wajar saja, sangat sulit merangkum penghargaan yang bejibun hanya dalam ratusan kata. Jika ingin menjelaskan semuanya, Daeng Situju bahkan mampu menjelaskannya dalam puluhan hingga ratusan halaman buku. Lalu, apa hikmah yang dapat dipetik dari keberhasilan-keberhasilan diatas? Rasanya, sekadar mengetahui secara teori tidaklah cukup. Daeng Situju mencoba menarik manfaat dari poin-poin diatas yang dirangkum dalam "Prinsip 46 BNI sebagai Falsafah Hidup".


Mengadopsi Prinsip 46 BNI sebagai Falsafah Hidup

Memilih Bank BNI sebagai partner pengelolaan perencanaan keuangan masa depan Anda tentu merupakan sebuah langkah yang brilian. Berdasar pada prestasi-prestasi gemilang yang telah ditorehkan, serta berdasar pada pengalaman pribadi dalam berasosiasi dengan Bank BNI selama ini, maka tidak ada keraguan lagi untuk menunjuk Bank BNI sebagai partner setia dalam upaya mewujudkan rencana masa depan. Nampaknya Bank BNI paham betul bagaimana harus memuaskan nasabah dalam hal pelayanan. Integritas yang dirangkum dalam "Prinsip 46 Bank BNI" benar-benar bukan hanya sebagai pajangan yang bersifat formalitas belaka. Mereka benar-benar konsisten melakukan semua poin yang ada. Daeng Situju seketika teringat pada sebuah teori kesuksesan yang diformulasikan oleh dua motivator sukses asal Singapura, Andam Khoo dan Stuart Tan. Secara pribadi, Daeng Situju merasa takjub dan mulai berpikir bahwa formulasi "Prinsip 46 Bank BNI" berikut dapat juga diadopsi sebagai  falsafah hidup untuk skala pribadi. Bagaimana caranya? Berikut dijelaskan.

Prinsip 46 Bank BNI
Prinsip 46 Bank BNI
Sumber: Budaya Perusahaan Bank BNI

Adam Khoo dan Stuart Tan (2015) dalam bukunya yang berjudul "Master your Mind, Design your Destiny" menjelaskan dengan gamblang bahwa ketika kita dapat mencontoh skema mental pemenang, maka kita dapat mencontoh kesuksesan mereka. Meniru cara pemenang menjalankan otak mereka berarti kita akan mendapatkan kesuksesan yang sama. Dapat disimpulkan bahwa untuk membuka gerbang kesuksesan, meniru atau mengadopsi prinsip sukses adalah kuncinya. Menerapkan Prinsip 46 Bank BNI diatas sebagai falsafah hidup berarti membuka jalan menuju kesuksesan. Berikut ini tips berprestasi yang diadopsi dari Budaya Perusahaan - Prinsip 46 Bank BNI yang dibagikan untuk negeri.


4 Budaya kerja BNI sebagai Falsafah Hidup

Profesionalisme

Upaya meraih kesuksesan dengan mengadopsi prinsip pertama adalah dengan melakukan segalanya dengan sepenuh hati dengan mengedepankan unsur profesionalitas. Apapun profesi Anda, pelajar, mahasiswa, karyawan, PNS, pemimpin, dan lain sebagainya, semuanya berpeluang untuk sukses dengan menerapkan prinsip ini. Lakukan dengan hati dengan konsisten.

Integritas

Integritas dapat diartikan sebagai konsistensi atas setiap tindakan dan prinsip-prinsip positif. Menanamkan aspek integritas mutlak perlu dalam upaya membuka gerbang prestasi. Dalam mengadopsi falsafah ini, tunjukkan segala hal yang memberdayakan yang Anda miliki dalam setiap kesempatan yang ada.

Orientasi Pelanggan

Poin ini dapat digeneralisasi sehingga dapat berlaku untuk semua profesi. Artinya, dapat diadopsi dengan kustomisasi yang sedemikian rupa. Poin ini dapat diterapkan dengan cara mengedepankan orientasi terhadap lingkungan sosial. Jika Anda adalah seorang pengajar, maka orientasi terhadap pelajar adalah kustomisasi yang tepat. Jika Anda adalah seorang pegawai pemerintahan, maka orientasi terhadap masyarakat adalah kustomisasi yang brilian.

Perbaikan Tiada Henti

Poin ini berkaitan dengan evaluasi. Penting bagi kita semua untuk menanamkan rasa 'tidak cepat puas' dalam hal kualitas dan perbaikan diri. Pelajar dapat mengadopsinya dengan giat belajar, pekerja dapat mengadopsinya dengan evaluasi hasil kerja.

(Baca juga: Spesifikasi iPhone 7)

6 Perilaku Utama Insan BNI sebagai Falsafah Hidup

Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik

Insan yang unggul adalah insan yang senantiasa memikirkan peningkatan kompetensi. Apapun profesi Anda, peningkatan kompetensi merupakan hal yang multak diperlukan. Peningkatan kompetensi yang disertai upaya untuk memberikan hasil yang terbaik niscaya akan menjembatani Anda menuju gerbang prestasi. Bank BNI merupakan contoh nyatanya.


Jujur, Tulus, dan Ikhlas

Mengutip kalimat bijak dari Thomas Jefferson, dikatakan bahwa 'kejujuran merupakan bab pertama dalam kitab kebijaksanaan'. Friedrich Schiller menguatkan poin tersebut dengan mengatakan 'kejujuran berhasil dalam setiap sisi kehidupan'.  Tidak ada alasan untuk tidak memasukkan poin ini dalam daftar falsafah hidup sukses kita. Tulus dalam berkerja, lalu ikhlaskan segalanya. Jika masih kurang yakin, tengoklah Bank BNI yang telah merealisasikan poin ini. Prestasi dan keberhasilan kemudian menjadi imbalan yang setimpal.


Disiplin, Konsisten, dan Bertanggung Jawab

Tidak ada orang sukses yang tidak setuju dengan poin ini. Silahkan tanyakan kepada orang-orang yang Anda anggap sukses dan kepada mereka yang berprestasi tentang arti kedisiplinan, konsistensi, dan tanggung jawab. Niscaya mereka akan menempatkan ini dalam poin penting falsafah hidup mereka. Ingat, meniru prinsip hidup orang sukses berarti membuka gerbang sukses untuk kita.


Memberikan Layanan Terbaik melalui Kemitraan yang Sinergis

Tidak ada yang terbaik tanpa upaya melakukan yang terbaik. Tidak menjadi terbaik jika tidak melakukan yang terbaik. Kaitannya dengan sinergitas kemitraan, Dr. Kazuo Murakami dalam bukunya yang berjudul "The Miracle of DNA" menjelaskan bahwa untuk meraih kesuksesan, jadikan semua orang sebagai mitra. Tidak peduli apakah ia seorang profesional atau seorang biasa. Semua orang yang hadir dalam kehidupan Anda adalah mitra kesuksesan. Dalam hal ini, perbaiki hubungan dengan semua orang.


Melakukan Penyempurnaan

Penyempurnaan dalam segala aspek kehidupan adalah poin wajib ketika kita berbicara tentang keberhasilan. Tidak ada keberhasilan tanpa upaya perbaikan dan penyempurnaan. Seperti halnya Bank BNI yang telah membuktikan pada dunia dengan torehan prestasi-prestasinya. Daeng Situju yakin, semua prestasi tersebut merupakan hasil penyempurnaan dari rencana sebelumnya. Anda wajib mencatat poin ini dalam buku keberhasilan Anda.


Kreatif dan Inovatif

Jika Anda gemar membaca biografi orang sukses, maka Anda akan menemukan 2 poin yang sama yang disampaikan dengan bahasa berbeda dalam kunci keberhasilan mereka. Lihat saja Thomas Alva Edison yang tanpanya malam tidak akan seterang sekarang. Bentuk kreativitas dan inovasinya dapat dilihat dari ujarannya yang mengatakan bahwa 10.000 percobaannya yang gagal dalam menemukan bola lampu ternyata tidaklah sepenuhnya gagal. 10.000 percobaan gagal tersebut sebenarnya adalah 10.000 cara salah membuat bola lampu. Dengan mempertimbangkan 2 poin ini; yaitu 'kreatif' dan 'inovatif', maka jadilah Anda salah satu bintang yang berkilau dengan gelimang kesuksesan.


Bank BNI sebagai Refleksi Keramahan Bangsa Indonesia

Di Makassar sendiri, sosialisasi dan ekspansi Bank BNI terbilang jauh menukik naik diatas kata berhasil. Jarot Sudarsono, S.H., CEO Bank BNI Makassar, dalam hal ini terbilang sangat mumpuni membawahi anggotanya dalam upaya melayani Masyarakat Makassar. Wajar saja, PT. Bank Negara Indonesia Tbk memang mempekerjakan individu-individu unggul. Masih teringat jelas pada bulan 6 silam diadakan event 'Selling Day' oleh Bank BNI wilayah Makassar yang menurunkan puluhan ribu karyawan yang bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat Makassar. Terobosan seperti ini merupakan satu dari sekian banyak nilai lebih yang meyakinkan Daeng Situju akan integritas serta kualitas Bank BNI. Berbaur dengan masyarakat, hanya Bank BNI yang melakukannya. Satu poin yang dapat disimpulkan adalah "Bank BNI adalah refleksi keramahan bangsa Indonesia".

Kita semua sama-sama tahu bahwasanya bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang ramah dimata dunia. Refleksi keramahan bangsa Indonesia akan sangat kental terasa seketika setelah Anda memasuki area Bank BNI. Dimanapun lokasinya, sama saja. BNI adalah cermin keramahan bangsa Indonesia.


Resolusi Jangka Panjang Daeng Situju

Mungkin tidak berlebihan jika dalam artikel ini dibocorkan sedikit resolusi jangka panjang Daeng Situju. Ceritanya begini, Daeng Situju yang saat ini masih berstatus mahasiswa, sebenarnya belum memiliki rekening bank. Mengingat umur yang sudah mendekati batas akhir fase 'anak muda', maka mutlak hukumnya bagi Daeng Situju untuk mulai berpikir kedepan. Setelah menimbang-nimbang dengan kritis berdasarkan riset perbandingan, pada akhir pencarian, pilihan bulat jatuh pada Bank BNI. Dalam mengeksekusi hal-hal yang berkaitan dengan rencana masa depan, membuka rekening di Bank BNI merupakan langkah awal yang mutlak dilakukan.


14.30 WITA - BNI Masih Melayani Nasabah
14.30 WITA - BNI Masih Melayani Nasabah


Awal perwujudannya, pada 24 Juli 2015 sekira pukul 14.30 WITA, sekira 2 jam sebelum artikel ini terbit, Daeng Situju memacu sepeda motor dengan kecepatan santai menuju Bank BNI di Jl. Pengayoman, Makassar. Sekira 30 menit dihabiskan untuk membuka rekening. Disambut salam hangat oleh Security yang sangat ramah, beliau kemudian mengarahkan Daeng Situju ke kotak pengambilan nomor antrian dengan instruksi 'tekan tombol kuning'. Setelah waktunya tiba, Customer Service yang tak kalah ramahnya menyambut. Benar, Daeng Situju benar-benar merasakan keramahan bangsa Indonesia disini. Pembukaan rekening diawali dengan penjelasan produk Bank BNI oleh customer service yang ramah. Membalas dengan beberapa pertanyaan, Daeng Situju bulat pada BNI TAPLUS yang dirasa pas buat anak muda. Dengan setoran awal sebesar Rp. 250.000 saja, resolusi jangka panjang kemudian siap diwujudkan.

Tertib Antri - Refleksi Keramahan Indonesia
Tekan Tombol Kuning, Keluar Ini


Buka Rekening BNI - Eksekusi Resolusi Jangka Panjang
Buka Rekening BNI - Eksekusi Resolusi Jangka Panjang


Motif Batik - Wujud Nasionalisme dan Cinta Tanah Air Bank BNI
Motif Batik - Wujud Nasionalisme dan Cinta Tanah Air Bank BNI

Masih tentang resolusi jangka panjang Daeng Situju, dalam upaya mewujudkan mimpi berada pada kematangan finansial, sekali lagi, mengingat umur yang telah berada pada ujung fase 'anak muda', membahagiakan orang tua akan menjadi target selanjutnya. Menikah dan tinggal di rumah idaman kemudian menjadi rencana yang tinggal menunggu eksekusi. Dalam upaya mewujudkan resolusi ini, layanan "BNI Griya" adalah pilihan yang paling logis. Langkah awalnya telah dieksekusi dengan pembukaan rekening di Bank BNI. Follow up-nya, waktu yang akan menjawab.

Melihat prestasi-prestasi yang telah berhasil digapai, tentunya sangat logis dan berdasar jika Daeng Situju menjadikan Bank BNI sebagai partner pengelolaan keuangan. Bukankah ukiran sejarah gemilang adalah dasar yang logis dan kuat?! Saya yakin Anda 100% sepakat dengan Daeng Situju dalam hal ini.

Selain berdasar pada fakta sejarah yang ada, pengalaman Daeng Situju selama ini sebenarnya sudah cukup kuat untuk dijadikan pegangan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa Daeng Situju adalah seorang yang masih berstatus mahasiswa yang mutlak akrab dengan buku. Hobi berburu buku tidak hanya dilancarkan lewat dunia nyata, namun juga melalui dunia maya. Singkatnya, pembelian melalui online shop. Dalam setiap transaksi, pilihan transfer tunai selalu dilakukan di Bank BNI. Selain dekat dari rumah, pelayanannya juga cepat dan tanggap. Sebagai informasi tambahan, di Makassar, kota Daeng Situju berdomisili, tak kurang dari belasan cabang Bank BNI yang tersebar diseluruh wilayah Makassar. Semuanya sama saja, sama-sama cepat, tanggap, dan ramah dalam hal pelayanan. Masuk di Bank BNI manapun, auranya akan tetap sama. Lima bintang menyala emas.

Berbicara masalah harapan, rasanya bertumpu pada aspek manapun, semuanya sudah sangat memuaskan. Masalah itu, biarkan Bank BNI yang bekerja karena pada dasarnya, seluruhnya didedikasikan dan dibuat bekerja untuk nasabah, untuk publik, untuk masyarakat Indonesia dan bahkan dunia. Anda yang berada di New York, Hong Kong, Tokyo, Osaka, dan Singapura tidak perlu merasa dikucilkan. Tangan-tangan ramah BNI mampu meng-cover Anda yang jauh berada diluar bumi pertiwi Indonesia.

Bank BNI Melayani Dunia
Bank BNI Melayani Dunia

5 komentar:

  1. Mantap Daeng, semoga juara satu!!! Amiin!

    BalasHapus
  2. mantabbb... memang layanan bank bni juoss

    BalasHapus
    Balasan
    1. 69 tahun mengabdi untuk Indonesia, saya rasa pengalaman selalu membuktikan kualitas...

      Hapus